Costumes dan Glide dalam Aplikasi Coding Scratch


Costumes (Kostum) dan Glide (Melayang) dalam Aplikasi Coding Scratch

Oleh Ranugunar Savahasta 9A-24

-Costumes-

Ketika kita membuat sebuah program dalam aplikasi Scratch, tidak dapat dipungkiri bahwa dalam pergerakan, suatu tokoh (sprite) sebaiknya memiliki rangkaian pergerakan anggota tubuh untuk meningkatkan kualitas, estetika serta realisme program. 

Scratch sebagai aplikasi programming yang mudah telah menyediakan sarana untuk melakukan pergantian kostum suatu tokoh. Namanya adalah Costumes.


Contoh menu Costumes

Secara definisi, Costume adalah rangkaian bentuk-bentuk yang bisa dipakai oleh sprite/tokoh. Untuk menggunakan fungsi costume dengan maksimal, pertama kita harus:

1. Membuat kostum dari sprite sebanyak yang diinginkan dengan alat-alat pada menu.
2. Menamai/mengurutkan kostum-kostum yang sudah dibuat agar mudah dimasukkan ke program.
3. Membuat kode pada sprite untuk merotasi kostum yang dibuat sehingga sprite bisa memakai kostum.
4. Klik bendera hijau untuk mencoba rangkaian kostum yang sudah dibuat.


Contoh kode untuk merotasi kostum



Contoh kode lain untuk merotasi kostum


Berikut ini adalah hasil akhir dari sprite yang sudah dipakaikan kostum:


-Glide-

Glide adalah salah satu mode pergerakan pada aplikasi Scratch yang bisa diterapkan pada suatu sprite. Dalam mode pergerakan glide ini, sprite akan bergerak secara melayang ke posisi yang ditentukan atau posisi acak selama waktu yang ditentukan. Glide termasuk dalam klasifikasi blok "Motion" atau pergerakan. Dibawah ini adalah 2 contoh kode blok untuk Glide:


2 Contoh blok Glide: Glide to random (atas) dan Glide to position (bawah)


Glide dapat dipasangkan pada kode scratch seperti berikut:


Dan terkahir, berikut adalah contoh dari sprite yang bergerak secara glide:

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mail Merging di Word